/* adsense*/ /*adsense*/ nighttraveller: Trotoar dan Transportasi

21 December 2012

Trotoar dan Transportasi

Trotoar. Kata tersebut seperti familiar di telinga kita tapi sebagai apa?
Trotoar dibangun untuk memisahkan antara pejalan kaki dengan mereka yang memanfaatkan kendaraan bermesin. Trotoar bermaksud untuk memperlancar lalu lintas dengan memisahkan antara pejalan kaki yang lambat dengan mereka yang memanfaatkan kendaraan bermesin yang lebih cepat. Selain itu trotoar yang umumnya dibangun lebih tinggi dari jalan bertujuan untuk memberikan perlindungan bagi pejalan kaki. Untuk memberikan kenyamanan lebih pada pejalan kaki, di sisi kanan-kiri trotoar di beberapa tempat tertentu akan ditanam pohon perindang yang memberikan kesan sejuk, hijau dan ramah lingkungan.

Trotoar yang dilengkapi dengan penanda orang buta serta pepohonan
Trotoar di kota-kota besar di Indonesia banyak beralih fungsi dari yang dimaksud diatas.
Kebanyakan dari trotoar ini digunakan sebagai tempat berjualan pedagang kaki lima. Ada beberapa sebab mengapa trotoar di Indonesia tidak berfungsi sebagaimana mestinya salah satunya adalah tidak tertatanya sistem transportasi umum. Misalnya angkot, angkot di beberapa kota tersedia cukup banyak tetapi karena mereka bisa/boleh menaikkan atau menurunkan penumpang di mana saja maka penumpang tidak terdorong untuk menggunakan trotoar. Mereka cukup menunggu di ujung gang, ujung jalan dan sebagainya untuk mendapatkan angkot sehingga trotoar yang sudah tersedia tidak berfungsi. Kemudahan untuk mendapatkan dan memakai kendaraan pribadi mendorong orang untuk menjauhi trotoar karena di dalam benak mereka akan tertanam "untuk apa berjalan kalau kita bisa memakai motor".
Apabila kita mengamati kota-kota di negara lain yang sistem transportasinya tertata dengan baik maka bisa melihat trotoarnya berfungsi dengan baik. Sehingga bisa ditarik kesimpulan trotoar akan befungsi sebagaimana mestinya dengan mengkombinasikan antara trotoar dan transportasi massal. Trotoar banyak digunakan oleh masyarakat dengan  berjalan kaki untuk menjangkau stasiun kereta atau halte bus dan kemudian mereka akan memanfaatkan bus/kereta untuk menjangkau tempat yang lebih jauh. Oleh karena trotoar disitu berperan penting dalam sistem transportasi maka secara otomatis akan terawat dan terlihat nyaman.
Pertanyaan untuk pembaca semua apa yang harus kita lakukan agar trotoar kita berfungsi dengan baik?

Terima kasih sudah membaca

No comments:

Post a Comment

Posisi Pengelasan

 Dalam melakukan pengelasan posisi pengelasan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pekerjaan pengelasan akan menghasilkan hasil la...