/* adsense*/ /*adsense*/ nighttraveller: Lompat Bersama-sama

01 October 2012

Lompat Bersama-sama

Pertanyaan unik yang cukup menggelitik. Apa yang akan terjadi bila seluruh manusia di muka bumi ini berkumpul di satu tempat kemudian melompat bersama-sama?

foto dari : http://fc03.deviantart.net/fs9/i/2006/071/f/9/JUMP_JUMP_JUMP_by_Neneisme.jpg

Massa bumi 5.9736×10^24 kg
populasi manusia 7 x 10^9 orang
berat manusia rata-rata 62 kg 

Maka massa manusia di muka bumi ini adalah 4.34 x10^11 kg dan rasionya terhadap massa bumi sangat kecil.

Kita coba lihat skenarionya.

Semua manusia ada di pulau Bali yang cerah dan rata2 manusia sanggup melompat setinggi setengah meter. Kemudian mereka melompat bersama-sama.
Karena massa bumi jauh melebihi massa manusia yang berkumpul maka tidak akan terjadi apa-apa bahkan seandainya ada pergerakan pun maka bumi mungkin akan terdorong sejauh tidak lebih besar dari setengahnya diameter atom.

Saat mereka jatuh ke bumi.

Hal ini akan mengirimkan sejumlah energi yang cukup besar ke bumi tapi energi ini tersebar ke area yang sangat luas dan akhirnya hanya akan meninggalkan jejak kaki di tanah sebagaimana yang kita lihat kalau kita berjalan-jalan di pantai. Selain itu akan terdengar suara yang cukup keras dan terdengar selama beberapa detik. Setelah itu.....

Suasana menjadi tenang dan damai. Kemudian semua orang saling menyadari kalau mereka sudah melakukan sesuatu yang sia-sia.


sumber: 

terjemahan suka-suka dari http://what-if.xkcd.com/8/




No comments:

Post a Comment

Posisi Pengelasan

 Dalam melakukan pengelasan posisi pengelasan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pekerjaan pengelasan akan menghasilkan hasil la...