/* adsense*/ /*adsense*/ nighttraveller: Fitur MS Word untuk Bekerja

26 February 2015

Fitur MS Word untuk Bekerja

Microsoft Word atau kerennya adalah Word adalah sebuah program word processing atau pengolah kata yang sangat popular digunakan oleh semua kalangan. Untuk pengguna yang familiar dengan program pengolah kata berbasis DOS pasti merasa Word memiliki banyak keunggulan dibandingkan program yang terdahulu. Keunggulannya seperti WYSIWYG, “What You See Is What You Get”, ataupun kemudahan interface dengan berbagai macam merek printer belum termasuk kemudahan format halaman atau format isi dengan numbering, gambar dan sebagainya. Baru-baru ini Microsoft mengeluarkan sistem Ribbon yang memudahkan pemakai untuk memakai produk ini. Bila ada yang belum familier dengan system Ribbon, kasian deh lu masih pake Office yang 2003.
Disini akan saya ketengahkan beberapa fitur yang paling sering dipakai di dunia kerja.

Format Isi. Format isi diatur didalam sebuah Ribbon Home dengan Tab Styles. Word sudah menyediakan format standar yaitu Normal, No Spacing, Heading 1 hingga Heading 3, Title dan sebagainya. Dengan melakukan modifikasi format dan disesuaikan dengan standar laporan yang kita punya akan memudahkan dalam penyusunan laporan serta membuatnya mudah ditelusuri bila ada kesalahan.

Format Halaman per bagian termasuk memberikan no halaman yang berbeda serta format halaman landscape atau portrain. Tidak sedikit rekan kerja saya dan juga saya yang dipusingkan untuk urusan yang satu ini. Solusinya sederhana saja. Word menyediakan tool untuk membuat halaman-halaman tersebut unik, dan hal ini disebut Section. Untuk mengaksesnya gunakan Ribbon Page Lay-out kemudian cek di bagian tab Breaks.

Membuat cover Halaman. Fasilitas yang sangat memudahkan karena cover akan unik sekali bila dibandingkan dengan isi halaman lainnya sehingga modifikasi di halaman yang lain tidak akan mempengaruhi cover sama sekali. Untuk mengaksesnya ada di Ribbon Insert kemudian klik tab cover.

Merubah identitas dokumen. Tidak sedikit kita harus merubah identitias dokumen yang kegiatannya berulang seperti memperbaiki versi dokumen tersebut atau tanggal dikeluarkan atau pemilik dokumen tersebut. Misal ada perubahan nama divisi dari yang sebelumnya FINANCE (FIN) menjadi KEUANGAN(KEU). Merubah nama-nama seperti ini akan sangat memakan waktu dan sumber daya meskipun dibantu dengan fitur FIND and REPLACE karena ada beberapa hal yang luput karena faktor format dan penulisan. Hal ini sebenarnya mudah dilakukan dengan memasukkan komponens Quick Parts ke dalam halaman-halaman tertentu sesuai dengan kebutuhan. Quick Parts tersebut akan dengan mudah memodifikasi identitas dokumen dalam jumlah besar dalam waktu yang singkat. Identitas Dokumen ada di bagian Prepare รจProperties.

Memanfaatkan fitur review. Fitur yang satu ini sangat-sangat bermanfaat untuk mereview sebuah dokumen secara bersama-sama. Yang sering dilakukan untuk melakukan review semacam ini adalah dengan memberikan nama yang berbeda-beda untuk sebuah dokumen berdasarkan si pemberi review, misal dokumen1_ReviewByAhmad.doc atau dokumen1_R1Dwi.doc dan sebagainya. Fitur review ini memungkinkan kedua orang tersebut untuk merubah sebuah dokumen tanpa membuat dokumen tersebut kehilangan isi aslinya dan juga memungkinkan si pemberi review untuk merubah dan mereview dokumen pada paragraf dan baris yang sama. Fitur review ini bisa diakses pada Ribbon Review dengan mengklik tab Track Changes.

Menelusuri dokumen dengan cepat. Dokumen yang dibuat dengan word juga dimungkinkan ditelusuri dengan cepat apabila bagian-bagian dokumen tersebut didokumentasikan dengan baik. Untuk mendokumentasikan bagian-bagian dokumen tersebut fitur yang digunakan ada pada Tab References kemudian klik tab Add Text. Sebelum mendokumentasikan bagian-bagian dokumen tersebut, harus dilakukan format isi yang baik dan benar dengan menggunakan fitur Styles. Bila ini tidak dilakukan yang terjadi adalah kebingungan.

Setelah pendokumentasian bagian-bagian dari dokumen tersebut dilakukan maka penelusuran isi dokumen bisa dilakukan dengan menggunakan fitur Ribbon View kemudian klik tab Document Map. Ssstt...... tambahan, isi dari dokumen map tersebut bisa diekstrak menjadi daftar isi baik untuk dokumen itu sendiri ataupun untuk file berformat PDF. Kereeenn bukan..... J

Fitur yang terakhir adalah HELP. Hahahaha....... pasti tidak menyangka yaa…. Yup fitur HELP adalah salah satu fitur yang sangat berguna disaat mengalami kesulitan dengan program-program MS Office bahkan untuk scripting VB sekalipun. Fitur ini sudah dibuat dan didesain sedemikian rupa oleh Microsoft agar si pemakai bisa menyelesaikan masalahnya secara mandiri. Salah satu kendala bagi kita sebagai orang Indonesia dalam memanfaatkan fitur ini adalah bahasa. Untuk memanfaatkan fitur ini dalam bahasa Indonesia maka pengguna harus memiliki Office yang disediakan oleh Microsoft Indonesia yang saya yakin tidak banyak diantara kita yang mempunyainya. Akan tetapi selama ada kemauan disitu ada kesempatan dan dimana ada kesempatan maka tinggal keberanianlah yang akan merubah kesempatan itu menjadi keuntungan.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur dari word yang bisa memudahkan, mempersingkat dan meringkas pekerjaan di dunia kerja akan tetapi itu membutuhkan dua hal, yang pertama sistem yang terintegrasi dan yang kedua adalah pengguna yang educated ‘susah cari padanannya, teredukasi atau terpelajar? Yang penting nyampe maksudnya’. Untuk sementara enam hal yang saya sebutkan diatas sudah saya gunakan untuk memudahkan pekerjaan saya sehari-hari.


Jakarta,

24 February 2015

No comments:

Post a Comment

Posisi Pengelasan

 Dalam melakukan pengelasan posisi pengelasan adalah salah satu hal yang perlu diperhatikan. Pekerjaan pengelasan akan menghasilkan hasil la...